18th Jul, 2010

Balada Lidah ‘nDeso

Band Pengisi Acara

Band Pengisi Acara

Hari minggu ini (18 Juli 2010), saya mengunjungi acara “The Indonesian Food and Trade Festival” (http://www.onlymelbourne.com.au/melbourne_details.php?id=24448) yang diadakan di Box Hill Town Hall, 1 jam perjalanan dengan tram. Untuk menuju Box Hill Town Hall, saya dan teman saya (Gina) naik tram no 109 dari Collin Street, dan turun di pemberhentian terakhir (Stop no 58), dari situ jalan kaki sedikit, sampailah kita di tempat acara.

Berhubung lidah saya sangat ‘ndeso, gak heran kalo saya sangat excited dengan acara ini, karena saya sudah bayangkan, di acara ini pastinya akan tersedia banyak makanan tradisional Indonesia, dan saya sendiri yang kangen berat sama makanan Indonesia sudah bikin list kira-kira makanan apa yang harus saya beli nanti. Itu sebabnya, saya rela hanya sarapan pagi seadanya dari rumah, plus sepotong kue bolu marmer dari Gina, (thanks for the cake, Gin). Hanya, demi menyediakan space lebih besar di perut agar bisa menampung makanan favorit saya.

Rujak Serut

Rujak Serut

Setelah sampai ditempat acara, kami dikenakan tiket masuk sebesar $3 per orang dewasa, sebenarnya acara dimulai jam 11.00, kami sampai ditempat jam 12.00, tapi gedung tempat acara di gelar sudah penuh dengan orang2, yang tengah asik melepas kangen dengan makanan tanah air, padahal acara di panggung belum juga mulai. Saya langsung hunting makanan yg sudah ada dalam list saya, yaitu asinan buah, tapi sayangnya gak ada yang jual, namun saya gak kecewa, karena di salah satu counter, ada yg jual rujak serut… ahaa… gak ada asinan buah.. rujak serut pun jadi.. begitu fikir saya. Akhirnya dengan semangat 45, saya beli itu rujak serut yg dikasih bandrol $5 hahaaha.. jangan di convert ke rupiah ya.. Tapi sebelum itu, saya makan SATE PADANG… biasanya saya makan sate padang di malam hari(soalnya di Jakarta, abang sate padang mulai jualan dari sore sampe malem), tapi kali ini saya makan sate padang di siang hari, bertambah special lah hari ini.. Sambil makan, kami dihibur oleh berbagai aktraksi tarian, pencak silat sampai band yang membawakan lagu2 Indonesia dan lagu2 Barat.

Bule pun ngantri

Bule pun ngantri

Oh ya, diacara ini tidak hanya orang Indonesia yang datang, tapi banyak juga orang local alias bule2 terlihat sangat menikmati berbagai macam makanan Indonesia. Bangga rasanya, melihat mereka begitu bersemangat ikut antri untuk memesan makanan, bahkan saya sendiri harus menjelaskan tentang sate padang kepada sepasang suami istri local, karena si suami istri ini tertarik dengan makanan yang saya bawa, terutama dengan lontong dan bumbu sate nya.

 Karena perut sudah full, dengan terpaksa, petualangan lidah saya hari itu diakhiri dengan segelas cendol, salah satu kudapan favorit saya. Cendol yang dikasih harga $2.5 cukup mampu melepas rasa kangen saya dengan cendol or dawet ayu langganan saya di kampus, atau cendol Elizabeth Bandung karena rasanya gak jauh beda, memang sih ada yang masih kurang menurut saya, yaitu aroma pandan nya yang tidak tercium di cendol, tapi gak pa pa, toh rasa gula merah nya gak berbeda, gak terlalu manis.

Indonesian Food lovers

Indonesian Food lovers

Selain tiga jenis makanan yang udah saya sebutkan tadi, masih banyak lagi makanan tradisional yang dijual di acara ini, diantaranya, pempek Palembang, nasi uduk, gudeg, lontong sayur padang, sate ayam dan siomay. Sedangkan makanan kecilnya, ada pisang goreng, donat, kue klepon dan masih banyak lagi, saya gak inget semua. Tapi ada yang masih kurang nih, kenapa gak ada yang jual bajigur, bakso or mie ayam, padahal makanan dan minuman ini paling cocok di winter ini yg dingin nya gak kira2. Walaupun begitu, kami cukup puas dengan acara ini, terbukti kami pulang dengan perut yang over capacity, alias kekenyangan, hehehee.. kaya’nya, sampe besok pagi saya gak perlu makan lagi nih.. ;).  Sepertinya, acara ini bisa memuaskan lidah ‘ndeso saya yang mau nya makan Indonesian food melulu.. Semoga, acara ini tidak hanya diadakan sekali setahun… hehehe..

jajanan pasar

jajanan pasar

Nasi uduk pun ada disini

Nasi uduk pun ada disini

Leave a response

Your response:

Categories